Database SPAN Utuh, Layanan KPPN Samarinda Pasca Kebakaran Tidak Terganggu

Samarinda, djpbn.kemenkeu.gi.id – Meskipun gedung KPPN ludes terbakar pada hari Sabtu (26/03), operasional layanan penyaluran dana APBN oleh KPPN Samarinda dipastikan tidak akan terganggu.

Seperti KPPN lainya, KPPN Samarinda menjalankan tusinya menggunakan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). SPAN menggunakan teknologi informasi dengan single database yang terintegrasi pada Data Center Pusat Informasi dan Teknologi Keuangan Kementerian Keuangan, sehingga musibah seperti kebakaran di KPPN Samarinda tidak akan menyebabkan hilangnya data pelaksanaan APBN atau terganggunya sistem utama operasional pelayanan.

Stakeholders yang menggunakan layanan KPPN tidak perlu merasa khawatir. pembayaran Gaji PNS bulan April 2016 telah selesai diproses oleh KPPN Samarinda dan dipastikan pada tanggal 1 April bisa diterima yang berhak” ungkap Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltim, Ade Rohman.

Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan mengerahkan tim reaksi cepat untuk membantu pemulihan dan pengalihan sementara pelayanan KPPN. Berbagai logistik untuk mendukung sarana dan prasarana pelayanan telah dimobilisasi dari Jakarta ke Samarinda.

“Segera koordinasikan dan bentuk bentuk tim gabungan untuk pemulihan dan operasionalisasi layanan darurat, senin sudah harus running” tegas Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono menginstruksikan langkah pemulihan pelayanan sementara KPPN Samarinda. Layanan KPPN Samarinda tetap berjalan (28/03), karena telah dialihkan sementara ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Timur Jalan Juanda No 4 Samarinda.

Pasca kebakaran sampai saat ini tim terpadu dari Kanwil dan Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan telah dan terus bekerja untuk menyiapkan infrastruktur dan kebutuhan operasional layanan lainnya, sehingga pada hari ini (28/03), loket layanan KPPN Samarinda yang sementara bertempat di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov.Kalimantan Timur telah dibuka kembali seperti biasa.

Dokumen Negara yang ada di KPPN Samarinda, baik yang terkait dengan penerimaan maupun pengeluaran, yang ikut terbakar juga tidak menimbulkan permasalahan. Arsip tersebut telah disimpan dalam bentuk file digital. Bukti pengeluaran seperti kwitansi serta dokumen perikatan seperti kontrak dengan pihak ketiga semuanya tidak disampaikan ke KPPN, akan tetapi disimpan oleh masing-masing satuan kerja.

 

Oleh : Media Center Ditjen Perbendaharaan

Author: admin

Share This Post On
468 ad

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *